Sabtu, 08 Mei 2010

Apa itu Kompetisi?

Berkaitan dengan keterlibatan dunia psikologi; blog kumpulan artikel psikologi; dalam Kompetisi Website Kompas MuDA - KFC, maka tidak ada salahnya saya memposting tentang apa itu kompetisi? Tulisan ini sekaligus membuktikan bahwa kontes seo bukan hanya soal penumpukan kata kunci, melainkan “penyempurnaan” kualitas sebuah kata kunci yang dilombakan antar satu peserta dengan yang lainnya. Okay langsung saja kita bahas mengenai kompetisi.
Pengertian Kompetisi
Bernstein, Rjkoy, Srull, & Wickens (1988) mengatakan bahwa kompetisi terjadi ketika individu berusaha mencapai tujuan untuk diri mereka sendiri dengan cara mengalahkan orang lain. Sedangkan, Sacks & Krupat (1988) mendefinisikan kompetisi adalah usaha untuk melawan atau melebihi orang lain. Sama halnya dengan Hendropuspito (1989) yang mengatakan bahwa persaingan atau kompetisi ialah suatu proses sosial, di mana beberapa orang atau kelompok berusaha mencapai tujuan yang sama dengan cara yang lebih cepat dan mutu yang lebih tinggi.
Dari pendapat tersebut secara sederhana kompetisi dimaknai sebagai aktivitas dalam mencapai tujuan dengan cara mengalahkan orang lain atau kelompok. Individu atau kelompok yang berkompetisi, tergantung pada struktur reward dalam suatu situasi. Salah satunya adalah Competitive reward structure dimana tujuan yang dicapai seseorang memiliki hubungan negatif, artinya ketika kesuksesan telah dicapai oleh satu pihak maka pihak lain akan mengalami kekalahan. Hal ini disebut Deutsch’s (Wrightsman, 1993) sebagai Competitive Interdependence.
Berdasarkan pada teori Darwin dan Spencer, sejak dahulu makhluk hidup didorong oleh alamnya sendiri untuk
melewati proses seleksi menuju ke keadaan yang makin sempurna. Melalui perjuangan hidup makhluk hidup yang lemah tersingkir dari kehidupan dan yang kuat terus bertahan melewati proses seleksi baru. Prinsip the survival of the fittest (yang bertahan adalah yang bermutu paling baik) kemudian dikembangkan sebagai landasan dari semua bentuk persaingan.
Adapun beberapa fungsi positif dari adanya kompetisi, yakni ;
1. Kompetisi merupakan pendorong yang positif bagi manusia dan masyarakat untuk terus-menerus mencapai tahap-tahap kemajuan yang makin tinggi.
2. Dengan Kompetisi orang didorong untuk memusatkan perhatian dan pikiran, tenaga dan sarana untuk mencapai hasil yang lebih baik daripada hasil yang dicapai kini, bahkan hasil terbaik di antara orang-orang lain.
3. Semangat Kompetisi mendorong orang untuk membuat penemuan-penemuan baru yang mengungguli penemuan orang lain.
Seringkali kompetisi dimaknai sebagai suatu hal yang negatif. Kompetisi dalam memperebutkan sumber daya tidak akan menimbulkan konflik manakala sumberdaya tersedia secara berlimpah sehingga masing-masing subunit dapat memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhannya. Akan tetapi ketika sumberdaya yang ada tidak cukup untuk memenuhi tuntutan dari masing-masing subunit atau kelompok, maka masing-masing subunit atau kelompok berupaya untuk mendapatkan porsi sumberdaya yang langka tersebut lebih besar dari orang lain dan konflik mulai muncul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar